Macam Macam Aplikasi Di google Beserta pengertian

GOOGLE APPLICATION

1.Goole Drive: adalah layanan penyimpanan daring milik Google yang diluncurkan pada 24 April 2012. [1][2] Layanan ini merupakan ekstensi dari Google Docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan. Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 15 GB dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu. [3] Dengan fitur unggulan yang sama seperti Dropbox, yaitu sinkronisasi data melalui folder khusus di dalam desktop atau lebih dikenal dengan Desktop Sync Clients. GDrive memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB dan tentunya fitur-fitur yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti: Gmail, G+ dan Google Search. Fitur yang bisa digaris bawahi dari GDrive adalah API’s untuk para Developer. Hingga kini GDrive telah terhubung dengan puluhan aplikasi pihak ketiga

Fitur-Fitur:

1. Integrasi Dengan Produk Lain

Fitur Integrasi ini menjadi bagian terpenting pada Google Drive. Pasalnya fitur ini terintegrasi dengan produk google lainnya seperti Google Doc, Google Shets, Atau Google Slide. File yang sudah anda simpan pada Google Drive bisa anda edit kembagi dengan menggunakan fitur ini  tanpa harus mendownload File Tersebut.
2. Kapasitas Penyimpanan
Dengan mengimplementasikan teknologi  berbasis cloud anda mendapat Kapasitas dari Layanan Google Drive ini sebesar 15GB untuk yang free license. Sedangkan untuk Google Drive Premium anda mendapat 30GB. 
3. Sharing & Privasi Hak Akses
Kemudahan Google Drive selanjutnya adalah berbagi file. Dengan hanya menggunakan fitur sharing anda cukup memasukkan email partner anda pada isian form sharing, partner anda sudah mendapatkan file tersebut. Tidak hanya itu, anda juga bisa memberikan hak akses bagi orang lain, seperti hanya bisa view konten, atau bisa ikut mengedit data tersebut sehingga anda bisa berkerja team. 

4.  Search File
Teknologi search yang dikembangkan untuk Google Drive sangat memanjakan penggunanya. Diantaranya adalah pencarian file berdasar jenis format file yang dicari, Pemilik file, tanggal modifikasi, dan lainnya. Google juga menambahkan fitur autocorrect pada search sehingga ketika kita salah ketik fitur ini memberikan saran.

5. Fitur Penerjemah Dokumen
Fitur penerjemah dokumen ini terhubung dengan Google Translate. Anda bisa memasukkan file dokumen anda kemudian membuka file tersebut di perangkat dokumen yang tersedia di Google Drive. Kemudian klik menu Tools, setelah itu anda pilih Translate Document dan memilih bahasa dokumen yang anda inginkan.
6. Convert Pdf to Text
Fitur yang juga jarang digunakan oleh pengguna Google Drive yaitu Fitur merubah file dengan format PDF menjadi Text. Untuk bisa menggunakan fitur ini anda bisa membuka file PDF anda di Google Drive, kemudian Download As Microsoft Word. Setelah file yang didownload berformat .docx anda bisa mengeditnya.
7. Revision History
Google Drive mempunyai fitur Revision History, fitur ini berfungsi untuk melihat history revisi yang telah anda edit. Revision History juga bisa melakukan restore dokumen sesuai tanggal modifikasi.
Kelebihan Google Drive :



1.            Dengan Hard Google, yang dapat menyimpan semua file di satu tempat, sehingga kita dapat mengaksesnya dari mana saja dan berbagi dengan orang lain.
2.            Gunakan Google Hard Android app untuk mengakses foto, dokumen, video dan file lain yang disimpan pada Drive Google.
3.            Kita bisa Upload/Download file ke Hard Google langsung dari perangkat
4.            Membuat file Foler yang tersedia offline sehingga Anda dapat mengaksesnya bahkan ketika Anda tidak memiliki koneksi Internet
5.            Membuat dan mengedit dokumen Google dengan format rich text
6.            Lakukan perubahan cepat untuk spreadsheet
7.            Bisa membaca file PDF
8.            Upload dan mengkonversi file ke format Google Docs
9.            Mengambil foto dari teks dicetak dan mengubahnya menjadi dokumen Google
10.          Support untuk pengguna tablet, Honeycomb (Android 3.0 +)
11.          Buka dan lihat file apapun
12.          Simpan file seseorang di tempat yang aman   
13.          Akses dimana saja
14.          Buka dan lihat file apapun
15.          Simpan file seseorang di tempat yang aman   
16.          Penelusuran yang canggih
17.          Lebih dari penyimpana kolaborasi
18.  Kelemahan Google Drive :
19.  Kelemahan penyimpanan data online adalah ketergantungan kita dengan jaringan internet. Untuk wilayah Indonesia tidak semua tempat memiliki akses internet yang memunkinkan dapat berjalan dengan lancar.



2. Google Play:adalah layanan konten digital milik Google yang melingkupi toko daring untuk produk-produk seperti musik/lagu, buku, aplikasi, permainan, ataupun pemutar media berbasis awan. Layanan ini dapat diakses baik melalui web, aplikasi android (Play Store), dan Google TV.[1] Konten yang telah dibeli tersedia pada seluruh platform-platform di atas[2] Google Play mulai dikenalkan pada bulan Maret 2012 sebagai pengganti dari Android Market dan Layanan Musik Google.

3.Google Play Games:  adalah layanan permainan daring dan SDK yang dioperasikan oleh Google untuk sistem operasi Android. Ini memiliki kemampuan permainan multi-pemain secara real-time, penghematan awan, papan skor sosial dan publik, prestasi, dan fitur anti-pembajakan.[1] Layanan ini memungkinkan pengembang untuk menyertakan fitur dalam permainan mereka tanpa harus mengembangkan fitur tersebut sendiri. Layanan Google Play Games diperkenalkan di Google I/O 2013 Developer Conference. Pada tahun 2015, ribuan permainan yang diterbitkan melalui Google Play Store mendukung layanan tersebut.
Aplikasi bergerak mandiri dari Google Play Games diluncurkan pada tanggal 24 Juli 2013, di sebuah acara yang disebut "Sarapan dengan Sundar Pichai" bersama-sama dengan Nexus 7 baru, Android 4.3 dan Chromecast.[2][3] Layanan ini mirip dengan AppleGame Center, jaringan permainan sosial untuk iOS. Salah satu fitur sosial dari Play Games adalah bahwa itu mendaftarkan pengguna Google+ permainan teman di layar utamanya. Menurut Google, Google Play menerima lebih dari 100 juta pengguna baru antara Januari 2014 dan Juni 2014, membuatnya jaringan permainan bergerak tercepat sepanjang masa

4.Google Play Film: adalah layanan video on demand daring yang dioperasikan olehGoogle. Film dan acara televisi dapat dilihat di situs web Google Play atau melalui aplikasi Google Play Film & TV, yang tersedia untuk perangkat Android, iOS, dan Roku. Beberapa judul hanya tersedia untuk sewa atau pembelian, sementara yang lain tersedia melalui keduanya. Acara TV dapat dibeli oleh episode atau musim tetapi tidak bisa disewa.[1] Atau, pengguna dapat mengunduh film dan acara TV untuk dilihat secara luring dan melihatnya kemudian menggunakan aplikasi bergerak.[2] Ribuan judul tersedia baik dalam definisi standar dan tinggi dalam berbagai genre, termasuk komedi, drama, animasi, aksi dan dokumenter

5.Gmail: adalah layanan surel milik Google.[5] Pengguna dapat mengakses Gmail dalam bentuk surat web HTTPS,[6] protokol POP3atau IMAP4.[7][8] Gmail diluncurkan dengan sistem undangan dalam bentuk Beta pada 1 April 2004[9] dan tersedia untuk publik pada 7 Februari 2007 meski masih menyandang status Beta.[10] Bersama seluruh produk Google Apps, layanan ini tidak lagi Beta pada 7 Juli 2009.[11][12]
Dengan kapasitas penyimpanan awal 1 GB per pengguna, Gmail berhasil meningkatkan standar penyimpanan gratis surat web dari 2-4 MB yang ditawarkan para pesaingnya pada waktu itu.[13] Pesan pribadi, termasuk lampiran, dibatasi hingga 25 MB,[14] lebih besar daripada layanan surat web lainnya. Gmail memiliki antarmuka berorientasi pencarian dan "tampilan percakapan" yang mirip dengan forum Internet. Sejumlah pengembang web mengakui Gmail adalah layanan pertama yang memakai metode pemrogramanAjax.[15] Gmail beroperasi dengan Google GFE/2.0 di Linux.[16][17][18] Hingga Juni 2012, Gmail adalah layanan surat elektronik berbasis web terbesar dengan 425 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Fitur-Fitur: Gmail menyedikan kapasitas penyimpanan sebanyak lebih dari 7538 megabyte dan terus bertambah. Jumlah ini lebih dari jumlah yang disediakan situs lain. seperti Yahoo! dan Hotmail. Hal ini berarti para pengguna dapat menyimpan sampai ribuan surat elektronik. Sampai saat ini, gmail merupakan email dengan kapasitas terbanyak.
Gmail juga mengaplikasi teknologi pencarian Google yang memudahkan penggunanya mencari sesuatu dari email mereka. Gmail juga menampilkan iklan yang didasarkan dari email yang diterima pengguna. Iklan tersebut hanya diperlihatkan ke pengguna Gmail dan tidak dikirimkan ke alamat eksternal.
Gmail dapat mengirimkan lampiran hingga 25 MB per email.[20]
Salah satu dari hal baru yang ditawarkan Gmail adalah penyortiran email dalam bentuk "Conversation view". Dengan begini email yang diterima akan diurutkan dalam bentuk percakapan, sehingga semua balasan dan topik tidak terpisah-pisah. Hal ini bisa membuat pengguna mudah untuk melihat email yang mereka dapat. Gmail kadang salah mengira email mana yang harus dikelompokkan bersama-sama, namun hal ini sudah jarang terjadi.
Salah satu perubahan baru adalah kemampuan untuk melabeli email. Sebuah email dapat mempunyai lebih dari satu label. Fitur ini berguna untuk menyortir email sesuai dengan label yang diberikanya, Google juga dapat memberikan label secara otomatis dengan sebuah filter.
Teknologi Push e-mail juga diterapkam Gmail pada perangkat iPhone dan Windows Mobile, sedangkan pada perangkat Telepon pintar (smartphone) lainnya kemampuan teknologi Push e-mail dari Gmail ini bervariasi tergantung dari aplikasi yang bisa dipasang pada Telepon pintar dari berbagai merk dan jenis.

6.AdSense:  adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unitiklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.
Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.
Sejarah: Program AdSense didirikan setelah Google mengakuisisi Pyra Labs pada bulan Februari 2003. Sebulan berikutnya tepatnya pada tanggal 4 Maret 2003, Chairman Google dan CEO, Erick Schmidt, mengumumkan layanan iklan konten bertarget yang disebut AdSense. Untuk mendukung program adsense, pada 23 April 2003 atau sebulan kemudian google mengakuisisi Applied Semantics yang teknologinya mendukung layanan AdSense.
Sejak AdSense didirikan, unit AdSense for Content hanya mendukung bahasa Inggris dan beberapa bahasa negara-negara di Eropa, Timur Tengah dan Asia Timur, serta satu negara Asia Tenggara yaitu bahasa Thailand. Namun akhirnya pada tanggal 1 Februari 2012 Google secara resmi mengumumkan bahwa Bahasa Indonesia kini didukung untuk menampilkan unit iklan AdSense for Content, setelah sebelumnya bahasa Indonesia hanya didukung untuk unit AdSense for Search saja. Kini AdSense for Content mendukung 36 bahasa negara di dunia.
Pada tanggal 7 November 2012 Google mengumumkan telah memperbarui aplikasi permohonan AdSense bagi publisher baru yang mendaftar AdSense melalui mitra host, artinya pendaftar baru yang mendaftar AdSense melalui Youtube, Blogger dan Hubpages. Sejak saat itu akun AdSense dibedakan menjadi dua macam, yaitu akun AdSense hosted dan akun AdSense non hosted. Berdasarkan catatan resmi Google, jumlah publisher AdSense kini mencapai lebih dari 2 juta publisher di seluruh dunia


Google HANGOUT:  adalah sebuah platform komunikasi yang dikembangkan oleh Google yang termasuk perpesanan instan, percakapan video, SMS dan fitur VOIP. Aplikasi ini menempatkan tiga produk perpesanan yang jasa nya turut dikembangkan oleh Google, termasuk Google Talk, Google+ Messenger (sebelum nya: Huddle), dan Hangouts, sebuah aplikasi percakapan video yang dihadirkan pada Google+. Google menyatakan bahwa Hangouts di desain untuk "masa depan" produk komunikasi jarak jauh, Google Voice. Para pengguna Google Hagouts dapat berkomunikasi dengan akun Google+ mereka


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Pemrograman Smester 1 & Smester 2

TUTORIAL MEMBUAT LOGO TKJ By:Farrel RIvazio Harlyan